Sabtu, 31 Desember 2011

CARA MUDAH PENULISAN PTK (BAB I)

   Penguasaan dalam pembuatan Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut PTK sudah menjadi sebuah keharusan bagi para guru. Namun banyak rekan - rekan guru yang mengeluh kesulitan dalam penulisan PTK, bahkan tak jarang pengajuan PTK yang sudah dibuat berhari - hari masih mendapatkan coretan di sana sini. Karena itulah, saya ingin berbagi sedikit mengenai cara penulisan PTK.
  Yang pertama harus diperhatikan adalah :
  1. Ukuran hurufnya 12
  2. Nomor halaman tiap bab berada di tengah bawah
  3. Penulisan judul tiap bab memakai huruf besar, tanpa titik atau koma
  4. Dalam penulisan alenia, menyorok ke dalam 7 ketukan
  5. Jangan berganti baris jika bukan berganti alenia
  6. Tidak boleh mengulang - ulang kata
  7. Kata yang tidak diperlukan jangan ditulis
  8. Jelas :
  • Mengandung variabel masalah : Y1 (Proses kreativitas, minat, keberanian bertanya, motivasi, mengungkapkan pendapat, keberanian menjawab pertanyaan,keaktifan belajar, keaktifan diskusi, keaktifan kerja kelompok) dan Y2 (Hasil dari kreativitas, kemampuan, kompetensi, hasil, ketrampilan, prestasi, kedisiplinan)
  • Mengandung Variabel Tindakan (X)
  • Mengandung subyek yang diteliti
  • Mengandung tempat penelitian
  • Mengandung waktu
 BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
  • Alenia 1 : Menulis kondisi awal siswa, dengan kalimat : Y1 dan Y2 rendah.  
  • Alenia 2 : Menulis kondisi awal peneliti, dengan kalimat : Sebelum memanfaatkan X (Tindakan), menggunakan metode apa.
  • Alenia 3 : Menulis kondisi akhir siswa dengan kalimat : Harapan Y1 dan Y2 meningkat. Mengapa perlu ditingkatkan? Sebab.............
  • Alenia 4 : Menulis kondisi akhir peneliti, dengan kalimat : Setelah memanfaatkan X....... 
  • Alenia 5 : Menulis masalahnya :
  1. Masalah siswa yaitu : -Y1 dan Y2 rendah, -Agar Y1 dan Y2 meningkat.
  2. Masalah peneliti yaitu : -Belum memanfaatkan alat peraga, - Setelah memanfaatkan alat peraga......
  • Alenia 6 : Menulis cara memecahkan masalah yaitu : Perlu adanya tindakan yang dilakukan peneliti yaitu memanfatkan X.
  1. Memanfaatkan X secara kelompok besar
  2. Memanfaatkan X secara kelompok kecil untuk meningkatkan Y1 dan Y2
 B. Identifikasi Masalah
  • Umumnya berbentuk kalimat tanya yang belum terinci, tidak harus dijawab, kalimat tanya minimal mengacu ke Y dan ditulis dengan angka atau huruf sesuai urutannya. Contoh :
  1. Mengapa Y rendah?
  2. Mengapa Y perlu ditingkatkan?
  3. Faktor apa yang menyebabkan Y rendah?
 C. Pembatasan Masalah
  • Alenia 1 : Menulis masalah atau Variabel apa saja yang diteliti yaitu hanya ditulis sesuai variabel dalam judul saja.
  • Alenia 2 : 
  1. Menulis penjelasan dari Y1
  2. Menulis penjelasan Y2
  3. Menulis penjelasan Y3
D. Rumusan Masalah
  • Umumnya berbentuk kalimat tanya dan harus terinci, serta harus dijawab (jawabannya pada bab II sampai dengan bab V). Maksimal kalimat tanyanya 3. Bentuk kalimatnya yaitu :
  1. Apakah melalui pemanfaatan X dapat meningkatkan Y1 bagi siswa kelas...... SMA...... Tahun....? 
  2. Apakah melalui pemanfaatan X dapat meningkatkan Y2 bagi siswa kelas...... SMA...... Tahun....? 
  3. Apakah melalui pemanfaatan X dapat meningkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa kelas...... SMA...... Tahun....?
E. Tujuan Penelitian
     1. Tujuan Umum
        a. Untuk meningkatkan Y1 secara umum
        b. Untuk meningkatkan Y1 secara umum
        c. Untuk meningkatkan Y1 dan Y2 secara umum
     2. Tujuan Khusus
        a. Melalui X untuk meningkatkan Y1 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun.....
        b. Melalui X untuk meningkatkan Y2 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun.....
        c. Melalui X untuk meningkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun.....

F. Manfaat Penelitian
  • Minimal 3 manfaat, yaitu :
     1. Manfaat bagi siswa
        a. Dapat meningkatkan Y1
        b. Dapat meningkatkan Y2
        c. Dapat meningkatkan Y1 dan Y2
      2. Manfaat bagi peneliti
        a. Melalui X dapat menigkatkan Y1 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun....
        b. Melalui X dapat menigkatkan Y2 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun....
        c. Melalui X dapat menigkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa kelas.....SMA....Tahun.....
     3. Manfaat bagi teman sejawat
         Meningkatkan hasil UAS BM

 Itulah sedikit trik tentang penulisan PTK. Untuk Bab berikutnya disambung lain waktu... :-)

4 komentar: